01 Desember 2023

Tanggal 1 Desember, Peringatan Hari Pendidikan Berkemajuan


Tahukah Anda, 112 tahun yang lalu, pada tanggal 1 Desember 1911, K.H. Ahmad Dahlan mendirikan Sekolah Muhammadiyah pertama, Madrasah Ibtidaiyah Diniyah Islamiyah (MIDI). Tujuan pendiriannya adalah untuk melawan kebodohan dan penjajahan melalui pendidikan.

Ketertarikan Ahmad Dahlan pada ilmu agama sudah muncul sejak kecil, didorong oleh ayahnya yang merupakan ulama besar di Yogyakarta. Setiap hari, ayahnya mengajarkan ilmu agama padanya.

Dengan rasa haus akan ilmu pengetahuan, Ahmad Dahlan memutuskan untuk menunaikan ibadah haji ke Makkah sebagai satu-satunya pilihan. Di sana, ia tidak hanya belajar agama, tetapi juga mendalami ilmu pengetahuan lainnya, membuka pikirannya.



Dengan tujuan memberikan tempat bagi kaum Muslim untuk belajar ilmu agama dan pengetahuan umum, Ahmad Dahlan mendirikan Madrasah Ibtidaiyah Diniyah Islamiyah (MIDI) pada 1 Desember 1911, setahun sebelum berdirinya organisasi Muhammadiyah. Sekolah ini kemudian dikenal sebagai Sekolah Muhammadiyah pertama.

K.H. Ahmad Dahlan tidak hanya mengajarkan pelajaran agama kepada murid-muridnya. Di Sekolah Muhammadiyah, ia juga menyampaikan ilmu-ilmu umum seperti huruf Latin, berhitung, ilmu bumi, dan ilmu tubuh manusia.

Dari perjalanan hidup K.H.A Dahlan, kita dapat menyimpulkan bahwa untuk membangun sekolah yang berkualitas, kita perlu memulainya dengan kecintaan pada ilmu yang diajarkan dan memiliki wawasan luas (growth mindset) yang didasarkan pada keikhlasan untuk meningkatkan kualitas hidup umat manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana tanggapan Anda tentang artikel ini? yuk tulis di kolom komentar